Kiland Road to 1 Year : Perlengkapan bayi (Part 2)

Jumper

Popok Kain

Popok Sekali Pakai

Bedak Bayi

Stroller

Gendongan kain

Gendongan bayi sling

Sebelumnya Saya sudah membahas tentang kamar bayi seperti barang-barang apa yang terpakai oleh Saya. Pada postingan kali ini Saya akan membahas pakaian bayi yang terpakai oleh Kiland termasuk didalamnya perlengkapan kesehatan dan juga perlengkapan mandi. Selain itu, Saya juga akan membahas perlengkapan ‘perang’ Saya & Suami kalau membawa Kiland keluar. Rentang waktu yang Saya gunakan masih di 6 bulan pertama sejak kelahiran Kiland.

Pakaian Bayi

Dalam memilih pakaian bayi ternyata Kita sebagai orangtua juga harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar, hari-hari pertama kelahiran Saya dan Suami menyesuaikan suhu kamar dengan Kiland yang harus selalu hangat agar tidak kuning bahkan selama menyusui pun juga kondisi ruangan hangat. Ternyata Kiland tidak cocok dengan kondisi ruangan seperti ini, badannya menjadi merah-merah sehingga Saya menyesuaikan suhu ruangan dengan sedikit lebih dingin & ternyata memang Kiland lebih suka dengan suhu dingin.

Pakaian yang biasa Saya gunakan untuk siang hari tidak berlengan panjang dan berkaki panjang karena cukup panas udaranya, tetapi kalau dingin baru Saya ganti dengan celana panjang dan biasanya dibedong supaya hangat. Sebagai tambahan, bedong sampai saat ini Saya gunakan sebagai selimut kalau Kiland tidur siang tetapi hawa terasa sedikit panas. Tujuannya tetap mengcover tubuh tetapi tidak terlalu panas.

Selanjutnya, perdebatan antara popok kain atau popok sekali pakai. Saya putuskan untuk menggunakan terus popok sekali pakai saat sudah di rumah, karena Kiland kebetulan anak yang tidak betah dengan popok basah walaupun hanya sedikit terlebih Saya kesulitan untuk membersihkan popok kain jika waktunya terbatas dan persediaan popok kain tidak banyak. Jika khawatir tentang ruam popok, ada banyak cara untuk mencegah ruam popok yang bisa Kita searching kapan saja atau bisa Kita tanyakan ke dokter. Namun, menurut Saya ada baiknya dibeberapa minggu sejak kelahiran bayi masih menggunakan popok kain.

Perlengkapan Mandi

  • Bak mandi bayi, berdasarkan pengalaman yang ada usahakan langsung membeli bak mandi bayi yang bisa digunakan oleh newborn sampai kira-kira diatas usia 1 tahun/sampai bayi bisa berdiri dengan nyaman di kamar mandi.
  • Sabun & sampo bayi, pastinya berganti-ganti tetapi perlu ada 1 sabun mandi & sampo bayi yang anti alergi. Kalau Saya menggunakan pigeon. Selain itu, untuk bepergian akan lebih praktis menggunakan sabun & sampo 2in1.
  • Baby Oil, merk apa pun tapi kalau Saya lebih suka wangi zwitsal. Baby oil kadang Saya campurkan ke bak mandi Kiland jika suhu diluar sangat panas.
  • Bedak bayi
  • Baby Hair Lotion & Baby Body Lotion
  • Baby Diaper Cream
  • Minyak telon, Saya punya keduanya baik itu bentuk telon yang krim dan yang cair. Saya tidak sengaja membeli telon krim karena Kiland sempat merah2 dan tidak bisa kena panas baik itu air hangat atau pun cuaca, jadi agar mencegah iritasi semakin parah Saya menggunakan telon krim yang bahkan masih Saya gunakan sampai sekarang, untuk telon cair biasanya Saya balurkan di telapak kaki saja atau membutuhkan hangat lebih di malam hari.

Beberapa peralatan mandi lainnya yang diperlukan seperti handuk, waslap dan sebagainya bisa menyesuaikan kondisi di rumah. Selain itu ada juga beberapa Ibu yang menggunakan essential oil sehabis mandi, biasanya menggunakan lavender untuk daya tahan tubuh anak.

    Baby On The Go

    • Stroller, sangat penting memiliki stroller yang multi fungsi walaupun Saya juga jadi punya 2 stroller karena minimnya pengetahuan Saya saat itu tentang stroller. Tapi buat Saya, stroller itu harus menyesuaikan lingkungan Kita terutama yang akan membawa stroller dengan mobil ukuran kecil. Jangan memaksakan stroller yang besar dan terlihat nyaman tapi akhirnya jadi memakan tempat.
    • Baby Carrier, Saya menggunakan ergo baby 360 dan juga gendongan kaos. Ergo baby lebih terpakai karena memang lebih nyaman bagi Saya atau pun Suami. 
    • Kasur bayi portable, Saya tidak tahu apa namanya tetapi bentuknya seperti kasur, ada ritsleting kanan dan kiri, bisa dibawa-bawa bahkan saat bayi berada di dalamnya. Saya menggunakan kasur ini saat Kiland harus ikut pergi, dengan ditidurkan saja di dalam kasur. Tetapi tetap harus menggunakan bantal dan harus dengan pengawasan penuh karena bisa saja bayi terguling.
    • Tas Bayi, tas bayi yang Saya gunakan ada 2 bentuk ransel dari Gabag dan Oruru keduanya berbeda fungsi. Kalau bawaan sedikit Saya menggunakan Gabag, dibawahnya sudah ada cooler bagnya sedangkan untuk bawaan banyak Saya menggunakan oruru bag dengan cooler bag terpisah. Tas bayi lainnya yang Saya punya selebihnya merupakan kado berbentuk selempang, tidak terlalu besar tapi cukup untuk bebawaan Kiland kalau Kami cuma ke supermarket.
    • Carseat, penting tidak penting tapi bagi Saya sangat penting. Pesan Saya adalah cari carseat yang kompatibel dengan mobil Kita terlebih dahulu terutama untuk mobil-mobil produksi di bawah tahun 2010, googling yang banyak dan banyak-banyak membaca forum.

    Peralatan Kiland lainnya yang sering Saya bawa keluar tentunya sama dengan kebanyakan anak-anak lain, yaitu mainan, guling, bantal, selimut dan beberapa popok, baju & alat mandi cadangan yang selalu tersedia di dalam mobil. Saat Kiland mulai berjalan, Saya biasa meninggalkan 1 kaos kaki dan sepatu di dalam mobil.

      Membeli peralatan bayi memang menjadi hobi para Ibu baru, semoga postingan Saya sedikit memberikan manfaat. Semoga tidak ada yang terlewat, Saya membuka saran postingan bayi yang lainnya. Please do send your email, comment or critic to anggarini.kiland@yahoo.com or DM me on my IG account : @ayukinasih.

      Leave a Reply

      