Happy 6 mo : Hore Kiland MAKAN!

Makan! 

6 bulan memang (menurut berbagai sumber) merupakan saat yang tepat bagi seorang anak untuk memulai ‘mengenal’ rasa. Disini, Saya hanya mencoba untuk share persiapan menuju hari ini, hari pertama baby bulat Saya memulai makanan pertamanya.

Sudah sejak memasuki bulan ke-5, Saya memaksa diri untuk mulai kembali budaya membaca. Sejak itu Saya mulai searching-searching baik itu di WEB, Instagram & toko buku. Saya tidak sendirian, Pak Suami yang pernah melihat contoh pemberian makan pada bayi yang kurang baik juga sering Saya ganggu dengan link-link bahan bacaan yang Alhamdulillahnya dibaca juga. Pak Suami juga berkomitmen untuk ‘balas dendam’ memberikan makanan yang sesuai karena permasalahan si ASI kemarin dan banyaknya Ibu-Ibu diluar sana yang hanya berbekal ‘yang penting kuah’ dan ‘yang penting makannya mau & cepat’ dan Pak Suami melihatnya langsung, hampir setiap hari.

Pencarian Saya dimulai dari instagram, Saya mulai mencari-cari dengan hashtag mpasi, makanan bayi, mpasibayi dan sejenisnya. Kemudian Saya menemukan beberapa instagram Ibu baru yang memang sudah mulai melakukan MPASI. Saya ikuti dan mulai ‘membedah’ instagramnya.

Berlanjut dari instagram Saya beralih ke WEB, Saya mulai mencari situs-situs yang berhubungan dengan makanan bayi, tumbuh kembang bayi, dan bagaimana cara memberikan makanan bayi. Setelah selesai browsing Saya tetap menuju toko buku, karena buku itu sudah menjadi bagian hidup Saya walaupun teknologi saat ini sudah cukup canggih.

Singkat cerita dari keseluruhan sumber yang Saya pelajari, nilai pentingnya adalah komitmen Kita, orang tua untuk memberikan yang terbaik, tidak terlambat, dan konsisten untuk memakan makanan yang sehat. Tidak hanya untuk Anak tetapi untuk Kita sendiri, karena anak-anak akan melakukan apa yang Kita lakukan. Contohkan yang terbaik, berikan yang terbaik agar anak-anak Kita nanti tidak mengulang kesalahan-kesalahan yang sudah Kita lakukan sebelumnya.

Kembali kepada proses makan Kiland,Saya mulai-mulai mencari ‘alat perang’yang mungkin nanti akan Saya bahas di post selanjutnya, sampai mendekati hari H, Saya menetapkan beberapa hal yang sebisa mungkin akan Saya lakukan :

1. Saya dan Suami yang tadinya makan secara bergantian karena menjaga Kiland, memutuskan untuk makan di waktu yang sama dengan Kiland. Jika tidak sama dengan Kiland pun saat Kami makan Kami mendudukan Kiland di samping Kami. KENAPA? Karena Saya mau mengajarkan Kiland untuk memakan di meja makan demi kesehatannya sendiri dan mengenalkan jam-jam makan.

2. Mendudukan Kiland di highchair. KENAPA? Karena Saya mau Kiland belajar untuk makan dengan posisi duduk, makan sambil berjalan-jalan dalam bentuk apa pun tidak baik untuk bayi walaupun dengan alasan “Supaya anaknya mau makan” dan mengusahakan waktu makan tidak terlalu lam. Bagi Kita juga cukup menguras tenaga jika anak harus makan keluar, sambil jalan dan makan sangat lama.

3. Memulai dengan puree buah. Apa pun yang Kita berikan kepada bayi disaat masa makan pertamanya adalah pilihan Kita, para orangtua. Saya dan Pak Suami memilih buah sebagai makanan pertamanya.

4. Disiplin mencatat apa yang Kiland makan dan apa pengaruh yang muncul. Hal ini penting untuk mengetahui apakah makanan yang dimakan cocok atau tidak dengan si bayi.

5. Berusaha untuk memenuhi makan Kiland dengan fresh food paling tidak di tahun pertamanya.
Semua hal diatas dilakukan dengan Bismillah dan berharap lingkungan mendukung proses ‘balas dendam’ Saya membuat Kiland lebih sehat. Kita boleh banyak membaca, bertanya untuk menambah apa yang sudah kita tahu, tapi kembali lagi Kita harus bertanya kepada naluri diri sendiri untuk menentukan pilihan.

Selamat 6 bulan kesayangan Mama-Papa.

Leave a Reply

