Akhirnyaa….

Perjalanan Saya mencari DSA untuk Kiland akhirnya berujung manis. Proses mendapatkan DSA yang sesuai bak mencari pasangan hidup diantara banyaknya manusia yang Kita kenal. Kadang cocok dengan satu faktor tapi faktor yang lainnya tidak, seperti cocok di isi kantong tetapi tidak cocok di hati Saya, seorang Ibu.

Di awal-awal pasca melahirkan, pertama kali sekali Saya memang kurang sreg dengan dokter anak di rumah sakit tsb. Dokternya baik banget tapi tetap saja hati kurang sreg, dan sepertinya Ibu Mertua pun sependapat dengan Saya. Kemudian sesuai dengan rekomendasi, Saya mencoba ke dokter lain yang cukup terkenal. Memang terlihat sangat mumpuni dan baik, tapi lagi-lagi hati berkata lain.

Akhirnyaaaa…. Saya coba untuk ke RS Sam Marie di Pondok Bambu yang kebetulan dekat dengan rumah Mertua & dari rumah juga cukup terjangkau. Setelah tanya-tanya dengan salah seorang teman yang kebetulan lokasi rumahnya juga tidak begitu jauh & pernah konsultasi dengan DSA di RS tsb, Saya diusulkan buat konsultasi ke dokter Cut Badriah.

Setelah pulang dari luar kota, Saya melakukan registrasi online Kiland untuk ke dokter Cut. Pihak RS 2x menghubungi Saya untuk konfirmasi, buat Saya cara seperti ini efektif walaupun mugkin agak sulit untuk dilakukan jika pasiennya cukup banyak. RS sebelumnya juga melakukan konfirmasi, tetapi melalui SMS dan sepertinya tidak ada koordinasi dari pihak poli yang menghubungi Saya dengan suster yang ada di poli, karena setelah konsul Saya menerima SMS kembali untuk melakukan konfirmasi padahal Saya sudah bersiap untuk pulang.

Kembali ke RS Sam Marie, bagi yang belum pernah ke RS ini situasi yang bisa Saya gambarkan adalah nyaman karena tidak terlalu ramai (bisa jadi karena Saya datang di weekday), bersih dan staffnya ramah. Kekurangannya lahan parkirnya sedikit dan AC yang terlalu dingin menurut Saya mungkin karena orangnya tidak banyak. Kalau harga, sedikit diatas rata-rata karena konsultasi per kunjungan Rp 200.000, bagi Saya angka tersebut lumayan agak mahal. Nilai plus lainnya, Saya diberikan voucher yang bisa ditukarkan snack disetiap kunjungannya.

Singkat punya cerita, akhirnya Saya ketemu dengan dokter yang diusulkan oleh teman Saya itu. Ruangan dokter Cut sepertinya memang didesain agar anak-anak nyaman. Tapi buat Saya, Ibu baru yang lagi berjuang berdua suami saja disaat rumah lagi proses “rapi-rapi” langsung ‘kerasan’ dengan dokter ini.

Begitu masuk ke dalam ruangan, tanpa melakukan hal lain dokter Cut memeriksa Kiland secara keseluruhan walaupun tujuan Saya saat itu melakukan imunisasi, mungkin seperti sudah semacam SOP. Dokter Cut atau mungkin beberapa dokter lain juga pasti ada yang serupa, tidak mau mengandalkan catatan di buku pedoman perkembangan anak yang sudah diisi oleh dokter-dokter sebelumnya.

Pemeriksaan seperti ini tidak Saya dapetkan di dokter-dokter sebelumnya & yang makin bikin saya ‘kerasan’, tanpa diminta dokter Cut langsung nulis nomor HPnya. Beberapa temen Saya pasti diberikan nomor HP dokter, tapi Saya nggak. Itu normal atau tidak ya? Intinya, terlepas dari apa pun hati nyaman dengan dokter ini.

Pencarian Saya akhirnya selesai. Saya tidak mengatakan dokter-dokter sebelumya tidak bagus, mereka yang sudah mendapat titel dokter pastinya sudah memiliki kualifikasi sendiri tinggal bagaimana kenyamanan dari sang pasien. Semua soal pilihan. Intinya, Saya sudah menetapkan pilihan dokter Cut sebagai DSA Kiland.

Semoga Kita bisa memberikan yang tepat untuk sang buah hati, tepat memang bukan berarti yang terbaik di mata orang lain bahkan diri sendiri. Tapi kadang yang tepat lama-lama akan menjadi yang terbaik kalau dilakukan dengan benar, semoga apa yang sudah diputuskan menjadi sebuah keputusan yang baik.

Leave a Reply

